Wednesday, June 10, 2020


Telor Asin

Sumber gambar: Galeri sendiri

Oleh :
Siti Nurhayati

            “Bu mau ikutan beli telor bebek ? Saya dapat harga murah nih. Cuma 1900 rupiah per butir”,  tanya ibu kepala sekolah saya saat saya hadir piket di sekolah. Walau pun anak-anak sekolah melaksanakan pembelajaran daring dari rumah masing-masing, tetapi para guru tetap harus ke sekolah saat jadwal piket. Jadwal piket saya adalah hari Jumat. Kebetulan bulan Ramadhan 1441H. Sekitar sepekan lagi adalah jatuh 1 Syawal 1441H.
Saya menjawab:”Boleh lah bu saya ikutan pesan. Saya pesan 30 butir ya bu. Jadi total uangnya 57.000 rupiah ya bu.” Saya senang dengan telor bebek karena lebih besar dan gurih jika didadar, apalagi ditambah daun loncang akan sangat lezat.
Bu Kepala Sekolah berkata :”Iya bu. Nnt hari Senin telurnya baru siap.”
Hari Senin sekitar jam 10.00 WIB saya ke sekolah untuk ambil telor bebek yang dimaksud sekalian membayar. Telor-telor bebek tersebut sudah diikat rapi dalam kemasan telur yang berupa kartas kartun yang dibentuk sedemikian untuk tempat telor agar aman. Setelah membayar telor, kemudian saya ikat di jok bagian belakang dengan tali rafia agar aman sampai di rumah.
Sesampai di rumah saya taruh telor di atas meja. Kemudian ada beberapa yang saya goreng dengan campuran sayuran dan sudah pasti rasanya mantap, gurih lagi krispi. Kebetulan saya juga baru membeli telor bebek asin rebus dari sepupu saya, sehingga telor bebek sisanya saya simpan. Bahkan saya hampir lupa kalau masih punya telor bebek mentah sebanyak 20 butir yang saya simpan di rak dekat kulkas.
Setelah lebaran beberapa hari saat saya sedang beberes dapur saya temukan telor bebek mentah masih di wadahnya. Kemudian saya ingat adik kandung saya sekarang sukses menjadi produsen telor bebek asin. Kemudian saya bertanya bagaimana cara dia membuat telor asin. Ternyata cukup simple, yaitu hanya direndam dengan air larutan garam yang cukup pekat selama 10 hari.
Saya mencuci telor yang sisa 20 butir itu kemudian saya masukkan ke dalam termos nasi ukuran kecil. Lalu saya masukkan air larutan garam sampai mengenai seluruh telor. Agar supaya telor tidak mengambang, saya tindih dengan air yang dimasukkan plastik lalu diikat. Saya diamkan selama sebelas hari. Setelah sebelas hari perendaman, telor saya tiriskan lalu dikukus selama 75 menit. Kemudian diangakt dari kukusan lalu dicuci. Setelah dingin baru bisa dinikmati. Dan…ternyata rasanya enak banget, tidak terlalu asin dan kuningnya sudah masir.
Saya ambil satu lalu saya belah dengan pisau. Saya letakkan di pring kecil kemudian saya foto dan kirim ke adik saya. Dia komentar:”Mantap mbak..bagus. Penampilannya sudah keren.” Saya merasa sangat senang, ternyata membuat telor asin tidak terlalu rumit, melainkan sangat sederhana. Bahkan adik saya bilang:”Mb Nur sudah bisa buat telor asin. Bisa lah nanti buka usaha telor asin.”
Saat saya ke sekolah untuk piket, saya ambil dua butir telor bebek asin yang saya buat kemudian saya kasihkan ke bu kepala sekolah saya untuk mencicipi dan menilai. Sungguh saya merasa senang karena kata beliau telornya enak, tidak terlalu asin. Bahkan beliau bilang agar saya buka usaha telor asin. Tentu saja saya sangat senang dan termotivasi untuk punya usaha telor asin. Apalagi adaik saya juga bilang hal senada agar membuka usaha telor asin.
Saya berusaha mendapatkan pamasok telor bebek mentah. Pertama saya bertanya sama bu kepala berapa nomor kontak orang yang kepadanya beliau membeli telor bebek. Kemudian saya dikasih nomor bu Yayu. Lalu saya hubungi beliau untuk menanyakan dari mana mendapatkan telor bebek dengan harga lumayan murah. (Bu Yayu dulunya pengelola catering Asrama Haji Yogyakarta.) Dari beliau saya mendapatkan nomor kontak orang yang dulu menawarkan telor bebek kepada bu Yayu.  Setelah saya hubungi ternyata beliau hanya membantu teman menjualkan telor karena saat itu harga telor memang sedang jatuh. Kata beliau sekarng temannya sudah tidak produksi telor bebek. Tentu saja saya sedikit kecewa, tetapi saya tidak berputus asa,
Saya kemudian browshing di internet. Saya buka google lalu saya tulis dimesin pencari tersebut “supplier telor bebek Yogyakarta.” Muncul beberapa situs. Saya buka satu per satu untuk mendapatkan informasi yang saya butuhkan. Tiba tiba saya mendapatkan facebook pengepul telor bebek. Saya buka facebook tersebut dan saya memperoleh sebuah nama Tutik Neta. Saat itu beliau sedang komen:” Bisakah saya memasok telor bebek? Dihargai berapa per butirnya?” Saat itu saya langsung inbox beliau untuk menanyakan alamat dan minta nomor whatsaap beliau. Alhamdulillah beliau langsung menjawab inbox saya.
Percakapan saya lanjutkan di WA. Saya mendapatkan informasi harga per butir 1750 rupiah per butir. Saya langsung pesan 300 buitr. Kemudian beliau bilang bahwa harga tersebut belum termasuk ongkos kirim. Kalau dikirim ke alamat ongkos per butirnya 150 rupiah. Saya berfikir untuk mengambil sendiri karena lokasi rumah beliau tidak terlalu jauh walau beda provinsi, Ongkirnya bisa untuk membeli garam rosok untuk membuat telor asin. Rumah beliau masuk wilayah Klaten Jawa Tengah. Kemudian saya pesan 500 butir dan mau saya ambil sendiri bersama anak saya. Beliau bilang bahwa kalau mau ambil 500 butir besok saja.
Besoknya masih pagi-pagi sekali,  saya sudah dapat pesan di wa bahwa telor sudah siap mau diambil jam berapa. Saya jawab bahwa saya akan tiba di alamat beliau jam 9 pagi. Setelah menjawab pesannya saya minta anak saya agar siap siap ke rumah ibu itu untuk ambil telor. Kemudian saya, anak dan cucu saya berangkat naik mobil menuju rumah belaiu. Sekitar 20 menit kami sudah sampai di alamat ibu pemasok telor tersebut.
Rumah beliau di sebuah desa nan asri di bawah bukit yang sebelahnya adalah tebing breksi. Perjalanan ke rumah beliau sangatlah menyenangkan. Kiri kanan sawah yang menghijau karena baru tanam belum lama, bahkan ada yang masih dibajak. Ada banyak burung bangau di sawah yang menambah elok pemandangan. Bahkan ketika cucu saya melihat ada seorang ibu yang sedang matun (mengambil rumput rumput liar yang tumbuh di antara tumbuhan padi), dia bertanya:”utiii..itu babi atau apa yah..?” Spontan saya menengok pada obyek yang ditunjuk cucu saya sambil saya menjawab:” itu bukan babi tapi orang sedang matun…” saya tertawa dengan keheranannya karena menyangka ada babi di tengah sawah. Posisi orang matun kan memang membungkuk…kebetulan bajunya agak putih dan pakai caping putih juga…jadi dari kejauhan nampak seperti babi. (Maaf)
Sesampainya di tempat ibu itu, kami disambut ramah lalu disuruh duduk sambil disiapkan telornya masuk ke dalam kardus yang diisi jerami agar telor aman selama perjalanan. Sekitar 20 menit kami ngobrol sambil menunggu selesai telor ditata dan dimuat ke mobil kami. Kemudian kami pamit pulang.
Sebelum sampai di rumah kami mampir ke penjual ember dan membeli ember yang akan dipakai untuk mencuci dan merendam telor dengan air garam. Tidak lupa juga kami mampir ke pasar tak jauh dari rumah untuk membeli garam rosok.
Sesampai di rumah telor diturunkan dari mobil lalu diletakkan di dapur. 500 butir telor diwadahi ke dalam 5 kardus. Kemudian kardus telor tersebut ditata sedemikian rupa untuk nantinya dibuat telor asin.
Setelah istirahat sejenak, anak saya dan istrinya mulai membersihkan telor asin sebanyak 160 butir terlebih dahulu. Jadi 500 butir telor tidak dibuat sekali gus. Sisanya akan dikerjakan besoknya dan besoknya lagi. Dalam memproses telor agar dijadikan telor asin, anakku videocall dengan omnya atau adik saya yang usaha telor asin di Jakarta untuk memandunya. Adik saya menjelaskan proses pembuatan telor asin dengan sangat detail.
Untuk menjalani usaha telor asin ini dimulai dengan 500 butir telor bebek mentah asal Dukuh Sengon Prambanan Klaten Jawa Tengah. Dari pada Uang Cuma disimpan di bank mendingan buat modal usaha telor asin. Berharap bahwa usaha telor asin ini bisa berhasil. Semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin.


Yogyakarta, 10 Juni 2020

3 comments:

  1. alhamdulillah,saya jadi mendapatkan ilmu baru tentang telor asin,yang selama ini tahunya langsung menikmati produk yang sudah jadi yang biasanya banyak di jajakan di warteg warteg,,semoga saya suatu sat bisa praktek bikin telor asin dengan panduan artikel ini...terimakasih mba nurrr semoga sukses selalu....

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah,saya jadi mendapatkan ilmu baru tentang telor asin,yang selama ini tahunya langsung menikmati produk yang sudah jadi yang biasanya banyak di jajakan di warteg warteg,,semoga saya suatu sat bisa praktek bikin telor asin dengan panduan artikel ini...terimakasih mba nurrr semoga sukses selalu....

    ReplyDelete